Sirkuit Kenjeran, Surabaya
1
“Competition creates a lot of pressure. The demands can be overwhelming.
But this is your chance to prove yourself, to prove what you are worth, to show
what you can offer. Don’t feel threatened by others, who you think might be
better than you. Instead be proud that you’re among them. For winning means
fighting with all you’ve got, but with your dignity intact.”
—Edelweiss ‘11
Kereta
Selalu ada
halangan untuk tepat waktu kalau masalah pemberangkatan. Njarkom sendiri jam
delapan, nyampe stasiun jam setengah sembilan dan yang udah pada standby di
Lempuyangan? They stared at me.
Jogjakarta-Surabaya tanggal 13 November kemaren, kami hampir ketinggalan
kereta. Bukan cuma saya bos nyang telat, beberapa dengan kalem dateng jam
sembilan kurang seperempat dan masih ngobrol. Maka jadilah kita ber26 orang
melakukan adegan di film-film: lari-lari karena keretanya udah mau jalan. Efek
dramatisnya adalaaah kita nggak tau yang mana angka gerbongnya!
Pas semua udah
masuk gerbong, kebanyakan dari kami langsung ngrungkel. Sebagian mbukaki jajan, sebagian lainnya ngerjain tugas
(etdah), sisanya jalan-jalan sambil pegang kamera. Kelompok yang terakhir udah
pasti mau candid- in mereka yang bobo
dengan berpose. Mari kita simak hasil
jepretan mereka untuk menghargai jasa-jasa yang udah nggak tidur tapi setia
nentengin kamera.
Catch you sleep! Hehee
What a chemistry ^^v
Good. Mereka sudah terlebih dahulu waspada..
Yang bertahan hingga sepertiga malam terakhir.. *apaan*
Tapi menurutku,
kereta punya cara tersendiri membuat orang yang di dalamnya terjaga. Sebentar
baca buku, sebentar hahahihi (ini masuk kategori hanya kalo naek kereta
serombongan), sebentar krukupan jaket, sebentar pindah bangku, sebentar crita,
yang penting nggak kena candid camera
haha *prinsip*. Tentang pindah bangku, ada tips en trick yang bisa dibagi.
Adalah periksa bangku sebelum diduduki
atau ditiduri. Dini hari pas kereta entah udah sampe mana, si masinis kan
ngerem, salah satu personel boyband kami (duuh) jatuh njempalik sampe mbalik
lagi jadi posisi mlumah. Ada juga
yang karena bangkunya eror, jatoh gulung-gulung sama bangkunya. Mereka
menderita, yang seneng kita. Sayang, kameramen sedang terlelap ketika adegan
ini terjadi #ketawajahat
Hotel Kenjeran,
PES, dan nyamuk
Tempet yang buat
nginepnya persis di bawah sirkuit Kenjeran, lintasan yang dipake buat race.
Breaking dawn Kenjeran banget karena kita nyampe sana jam 3 pagi (memecah fajar
maksute hehe). Sambutan manis langsung diberikan oleh nyamuk-nyamuk di sekitar
hotel. Gara-gara serangan nyamuk Surabaya, si Khafid gatel-gatel udah kaya
alergi sama biduran gitu, kukur kukur
terus pas di paddock. Gatelnya dijamin long lasting, kagak ilang sampe Jogja.
FYI, saya pribadi digigit dengan pola triangulum (lukate rasi bintang?), jadi jejer 3 bentolnya. Kok ya kober-kobere nyamuknya...
Selain nyamuk,
yang ganas di Hotel ini adalah air. Bukan bermaksud mau preview hotel si, ini
blog saya, bukan agoda.com atau jasa pemberi informasi penginapan online
lainnya, cuma air di hotel kayaknya pake kaporit. Maklum, daerah deket pantai..
Efeknya adalah kita sikat gigi jadi kaya minum kaporit, kita cuci muka jadi
kaya nggosoki muka pake kaporit. Hari kedua mandi pake air di hotel, panas di
kulit mulai terasa, habis itu gatel-gatel. Tapi alhamdulillah air masih
melimpah ketika dibutuhkan. Di kamar lain, air udah stop nyala mulai jam enem
pagi. Mereka akhirnya banyak yang numpang, seperempat bak harus dicukup-cukupin
buat mandi 2 orang. Air bahkan mati pet pas ozy belom selese mandi, “tolongin,
Aqua, Aqua.. iya itu, ambilin di meja, An..”
Tapi kalo boleh
ngasi compliment, tempet penginepannya nyaman. Cozy banget apalagi buat bobo.
Tiap malem, abis kegiatan, abis makan, abis TM, bukannya jalan-jalan malah
banyak yang tidur. Aku ding yang tidur. Hehe. Ini adalah kali pertama
pergi-pergi tapi nggak kemana-mana selain di tempet lomba. Biasanya adaa aja
maen, kadang nggak ada dijadwalin sama panitia, tapi ya mbolang.. Ini pas yang
lain mbolang, aku ketiduran. Kesempatan pertama, pas habis solat Subuh di mesjid.
Aku sholat bareng mbak Tri setelah kita bersepuluh cari mesjid tapi baru nemu
jam 5. Pas yang lain udah chao, aku sama mbak Tri malah glesotan dan akhirnya
pulas tertidur. The most awkward moment is when there ia a notice “Dilarang tidur
di dalam masjid” but you neglect it. Then you are being locked! Kita bobo sampe
jam 7 sedangkan yang laen pada foto di pantai sama bangunan kaya kuil gede
banget. Iri cuma bisa liat fotonya..
Kesempatan kedua
hadir hanya untuk tim teknis, si Ozy tu yang sempet jalan-jalan sampe ke
Suramadu. Habis ada briefing sama dosen pembimbing, preview track langsung,
maen deh si Ozy tu bawa GranMax. Sekali lagi, mereka cuma mamerin foto. Aku
sama mbak Tri sama Hani udah bobo cantik aja di 243. Selain yang hangout dan
tidur, di 244 yang isinya UNY-PL semua hebring ngePES. Betah mereka ngepes
sampe jam1, sampe tragedi usap-usapan idung si Aan sama si Ozy (yang ini
rahasia perusahaan, katanya :3)
Sekarang ini
musim hujan
Sekarang ini
musim hujan. Artinya? Bagi kami peserta IEMC, apalagi kelas prototype, ini
tidak terlalu baik. Track untuk race tidak dibuka saat hujan turun. Jangankan
ujan, gerimis aja kamar hitung langsung nolak kelas prototype listrik. Kalau
hujan agak reda, tapi track masih basah, masih ngecembong, tetep aja nggak
boleh maju race. Satu tim dari UNY, urban listrik malah udah tinggal satu lap
lagi sampe finish, tapi semua kelas listrik diberhentikan. Yaudah, terpaksa
mlipir mobilnya.. Nah giliran kami yang proto listrik, pas udah ngantri, terus
hujan, kami harus mbawa balik kendaraan. Kabar buruknya, baru aja sampe
paddock, track udah dibuka lagi, haha.. But
then, time limit does matter. Kita UNY-PL 13 udah ngantri dari jam 16.15,
tapi kamar hitung aja tutupnya jam 16.30, si mobil belum nyampe mas2 yang pake
baju Tecnical Inspection, perlombaan udah resmi ditutup.
UNY-PL-13 Mobil imut kami :3
Di paddock
Nice pose, driver..
Semangat kakaaak
(^o^)/
Sebelum race, ada
proses scrutineering, uji kelayakan
kendaraan. Pertama kali scrut, tim
kami nggak lolos. Kenapa? Klaksonnya pelan, nggak memenuhi persyaratan: minimal
95 dB. Kedua, driver nggak apal bendera. Emang ini Cerdas Cermat Pengetahuan
Umum? Bukaan, bukan nebak bendera negara mana pemirsah. Ini bendera yang lazim
digunakan di race. Bendera ijo, bendera checkerboard, bendera merah, bendera
kuning, bendera biru, bendera item. Si Aan, manejer kami yang juga jadi driver
cadangan alhamdulillah lancar. Giliran si Ozy yang sebenernya udah apal tapi
lha wong gugup, yo salah..
Panitia :
(ngibasin bendera ijo)
Ozy :
Start balapan
Panitia :
(ngibasin bendera kuning)
Ozy :
hati-hati, dilarang mendahului
Panitia :
(ngibasin bendera item)
Ozy :
kendaraan berhenti dan tidak boleh melanjutkan balapan
Panitia :
kendaraan siapa?
Ozy :
(mulai bingung) apa?
Panitia :
kendaraan siapa yang berhenti?
Ozy :
(mulai panik, ini juga karena si Ozy tu ada di dalem mobil, pengap *pembelaan*)
Kendaraan kita
Panitia :
Kendaraan sendiri lah, ya udah dihafalin dulu mas, ulang..
Pas lagi scrutineering..
Finally passed!
Scrutineering statis. Scrutinnering dinamis. Jangan hiraukan Aan, hiraukan lingkaran merah.. *wuu jahat
Habis itu, Ozy
semangat banget ngapalin bendera. Dari cuma metode didikte berulang kali sampe
ditunjukin warna-warna benda sekitar yang cocok sama bendera. Alhasil, scruting
kedua kita lolos. Pheew.. Si mobil nglewati kamar hitung 3x, race penuh 2x, dan
passed 1x. Tapi karena mburu waktu, jadi efisiensinya kurang. Di balapan kedua,
lumayan irit tapi waktunya 28’, padahal di regulasi maksimal 26’. Pas race
pertama, mobil tiba-tiba mak pet sebelum nyelesein 1 lap. Nggak tau detailnya
kenapa, tapi kata Reza ini gara-gara Joulemeternya. Udah protes dah itu si Reza
sama Wayan ke bagian informasi, udah mau dikurangi jatah race, tapi karena
joulemeter juga yang masang dari panitia, mereka sepakat kalo jatah race tetep
penuh, boleh race 5 kali lagi. Tapi yaa, this
is the nature of competition. Someone wins, others fall. The most important
thing is that everybody learns.
The whole is not the sum of the parts. Hehe. Ngawuur, asal nyambung XD
Closing sama pengumuman kejuaraan.
Woman in race
Aku percaya bahwa
yang sekarang sedang kamu pikir, aku bakal mbahas umbrella girl atau sejenisnya, yang jadi atraksi tersendiri di
sirkuit. Tapi sayang sekali, praduga Anda salah. Ini adalah tentang mereka yang
atas sebab bermacam-macam, ada di IEMC 2013. Dimulai dari yang dekat dulu, mbak
Tri-Hani-aku. Kami bertiga bahkan bukan dari fakultas Teknik, membantu di
bagian administrasi. Mbak Tri sebenernya yang paling ideal, dia dari jurusan
administrasi perkantoran dan ikut UKM nya anak mobil, UKM Restek. Hani dan aku
murni via oprec dan dengan bego mulai mempelajari ini semua.
Dari banyak
perempuan yang ikut IEMC, sebagian besar memang dari disiplin ilmu yang tidak
jauh-jauh dari disiplin ilmu yang sesuai. Mbak yang jadi LO paddock kami
misalnya, dia juga teknik Mesin. Herannya, kalo di tim UNY malah jarang yang
dari Mesin, karena mungkin udah ada Otomotif ya, pan kalo di ITS otomotifnya
nggak ada, semua inklud ke mesin.. Semua panitia ternyata adalah students of
Mechanical Engineering semua, dan banyak ceweknya! Great! Anti gender bias,
haha.. Salah satu panitia di bagian pusat informasi ada yang di candid in mulu
sama si khafid, dia cuma ngliatin terus dari depan meja informasi.
Khafid :
itu lho mbak yang pake kerudung biru
Aku :
Mana? Kacamataan?
Khafid :
Enggak, naah itu yang lagi diajak ngobrol
Aku :
Ooh iya, imut.. Udah tau namanya?
Khafid :
Belom..
Aku :
Ya udah, kenalan
Khafid :
Enggak ah mbak, aku ngliatin aja. Difoto dong mbak, dizoom
Aku :
Yaelah.. (njepret) nih udah.. yaudah yuk, kesana liat ozy di tikungan
Khafid :
Aku disini aja deh mbak, ngitung waktu
Aku :
Ya kan disana bisa
Khafid :
Tapi disana nggak ada kerudung biru..
Can you see her?
Yaa begitulah
khafid. Itu berlangsung sampai hari terakhir. Pas closing, mbak itu ada di
belakangku persis, pas lagi ambil sertifikat. Kerudungnya udah ganti, bukan
biru. Naah aku iseng ngajak ngobrol. Aku bilang kalo salah satu nama sertifikat
tim kami ada yang salah. Terus mbaknya bilang kalo itu susah diganti karena
berdasar yang ada di nametag. Terus aku bilang kalo nametagnya juga salah. Naah
aku bilang gitu sambil megang nametag sendiri dan liat nametag mbaknya. Got it!
Laporan langsung ke khafid, dan malemnya dia langsung ngepoin fbnya. Tapi
khafid kalem aja rupanya, nggak dapet ongkos intel ni guweh ._.
Ada juga mbak Teknik
Mesin yang dari UPI, namanya mbak Yayuk, 2010 juga si.. Hmm yang ini Ozy yang
ngincer ckck. Kata mbak Yayuk, di tim ada yang anak bahasa Inggris juga. Udah
hebring banget pengen nyari temen selain FT disini, tapi sayang mbak bahasa
Inggris itu nggak ikut. Dia dibawanya kalo lagi ada event di LN, SEM misal..
SEM atau Shell Eco Marathon ajang internasionalnya irit-iritan mobil. Indonesia
punya IEMC, dunia punya SEM. Tapi karena tuan rumahnya besok Filipin, dan
disana lagi diserang badai Hayan, masih belum tau bakal diadain atau enggak
tahun ini.. Mbak Yayuk ramah banget, kalo nggak diajak ngobrol sama temennya,
dia bakal cerita banyak tentang Bumi Siliwangi, tim mobilnya UPI.
I don’t know how this can help me to pursue my dreams.
But I pray that this can assist me to reach these and those.
Kok fotoku gak ada mbak?? hha
ReplyDelete