Sirkuit Kenjeran, Surabaya

1
04:36


“Competition creates a lot of pressure. The demands can be overwhelming. But this is your chance to prove yourself, to prove what you are worth, to show what you can offer. Don’t feel threatened by others, who you think might be better than you. Instead be proud that you’re among them. For winning means fighting with all you’ve got, but with your dignity intact.”
Edelweiss ‘11

Kereta
Selalu ada halangan untuk tepat waktu kalau masalah pemberangkatan. Njarkom sendiri jam delapan, nyampe stasiun jam setengah sembilan dan yang udah pada standby di Lempuyangan? They stared at me. Jogjakarta-Surabaya tanggal 13 November kemaren, kami hampir ketinggalan kereta. Bukan cuma saya bos nyang telat, beberapa dengan kalem dateng jam sembilan kurang seperempat dan masih ngobrol. Maka jadilah kita ber26 orang melakukan adegan di film-film: lari-lari karena keretanya udah mau jalan. Efek dramatisnya adalaaah kita nggak tau yang mana angka gerbongnya!
Pas semua udah masuk gerbong, kebanyakan dari kami langsung ngrungkel. Sebagian mbukaki jajan, sebagian lainnya ngerjain tugas (etdah), sisanya jalan-jalan sambil pegang kamera. Kelompok yang terakhir udah pasti mau candid- in mereka yang bobo dengan berpose. Mari kita simak hasil jepretan mereka untuk menghargai jasa-jasa yang udah nggak tidur tapi setia nentengin kamera.


 Catch you sleep! Hehee

 What a chemistry   ^^v

Good. Mereka sudah terlebih dahulu waspada.. 

Yang bertahan hingga sepertiga malam terakhir.. *apaan*

Tapi menurutku, kereta punya cara tersendiri membuat orang yang di dalamnya terjaga. Sebentar baca buku, sebentar hahahihi (ini masuk kategori hanya kalo naek kereta serombongan), sebentar krukupan jaket, sebentar pindah bangku, sebentar crita, yang penting nggak kena candid camera haha *prinsip*. Tentang pindah bangku, ada tips en trick yang bisa dibagi. Adalah periksa bangku sebelum diduduki atau ditiduri. Dini hari pas kereta entah udah sampe mana, si masinis kan ngerem, salah satu personel boyband kami (duuh) jatuh njempalik sampe mbalik lagi jadi posisi mlumah. Ada juga yang karena bangkunya eror, jatoh gulung-gulung sama bangkunya. Mereka menderita, yang seneng kita. Sayang, kameramen sedang terlelap ketika adegan ini terjadi #ketawajahat
Hotel Kenjeran, PES, dan nyamuk
Tempet yang buat nginepnya persis di bawah sirkuit Kenjeran, lintasan yang dipake buat race. Breaking dawn Kenjeran banget karena kita nyampe sana jam 3 pagi (memecah fajar maksute hehe). Sambutan manis langsung diberikan oleh nyamuk-nyamuk di sekitar hotel. Gara-gara serangan nyamuk Surabaya, si Khafid gatel-gatel udah kaya alergi sama biduran gitu, kukur kukur terus pas di paddock. Gatelnya dijamin long lasting, kagak ilang sampe Jogja. FYI, saya pribadi digigit dengan pola triangulum (lukate rasi bintang?), jadi jejer 3 bentolnya. Kok ya kober-kobere nyamuknya...
Selain nyamuk, yang ganas di Hotel ini adalah air. Bukan bermaksud mau preview hotel si, ini blog saya, bukan agoda.com atau jasa pemberi informasi penginapan online lainnya, cuma air di hotel kayaknya pake kaporit. Maklum, daerah deket pantai.. Efeknya adalah kita sikat gigi jadi kaya minum kaporit, kita cuci muka jadi kaya nggosoki muka pake kaporit. Hari kedua mandi pake air di hotel, panas di kulit mulai terasa, habis itu gatel-gatel. Tapi alhamdulillah air masih melimpah ketika dibutuhkan. Di kamar lain, air udah stop nyala mulai jam enem pagi. Mereka akhirnya banyak yang numpang, seperempat bak harus dicukup-cukupin buat mandi 2 orang. Air bahkan mati pet pas ozy belom selese mandi, “tolongin, Aqua, Aqua.. iya itu, ambilin di meja, An..”
Tapi kalo boleh ngasi compliment, tempet penginepannya nyaman. Cozy banget apalagi buat bobo. Tiap malem, abis kegiatan, abis makan, abis TM, bukannya jalan-jalan malah banyak yang tidur. Aku ding yang tidur. Hehe. Ini adalah kali pertama pergi-pergi tapi nggak kemana-mana selain di tempet lomba. Biasanya adaa aja maen, kadang nggak ada dijadwalin sama panitia, tapi ya mbolang.. Ini pas yang lain mbolang, aku ketiduran. Kesempatan pertama, pas habis solat Subuh di mesjid. Aku sholat bareng mbak Tri setelah kita bersepuluh cari mesjid tapi baru nemu jam 5. Pas yang lain udah chao, aku sama mbak Tri malah glesotan dan akhirnya pulas tertidur. The most awkward moment is when there ia a notice “Dilarang tidur di dalam masjid” but you neglect it. Then you are being locked! Kita bobo sampe jam 7 sedangkan yang laen pada foto di pantai sama bangunan kaya kuil gede banget. Iri cuma bisa liat fotonya..



Kesempatan kedua hadir hanya untuk tim teknis, si Ozy tu yang sempet jalan-jalan sampe ke Suramadu. Habis ada briefing sama dosen pembimbing, preview track langsung, maen deh si Ozy tu bawa GranMax. Sekali lagi, mereka cuma mamerin foto. Aku sama mbak Tri sama Hani udah bobo cantik aja di 243. Selain yang hangout dan tidur, di 244 yang isinya UNY-PL semua hebring ngePES. Betah mereka ngepes sampe jam1, sampe tragedi usap-usapan idung si Aan sama si Ozy (yang ini rahasia perusahaan, katanya :3)

Sekarang ini musim hujan
Sekarang ini musim hujan. Artinya? Bagi kami peserta IEMC, apalagi kelas prototype, ini tidak terlalu baik. Track untuk race tidak dibuka saat hujan turun. Jangankan ujan, gerimis aja kamar hitung langsung nolak kelas prototype listrik. Kalau hujan agak reda, tapi track masih basah, masih ngecembong, tetep aja nggak boleh maju race. Satu tim dari UNY, urban listrik malah udah tinggal satu lap lagi sampe finish, tapi semua kelas listrik diberhentikan. Yaudah, terpaksa mlipir mobilnya.. Nah giliran kami yang proto listrik, pas udah ngantri, terus hujan, kami harus mbawa balik kendaraan. Kabar buruknya, baru aja sampe paddock, track udah dibuka lagi, haha.. But then, time limit does matter. Kita UNY-PL 13 udah ngantri dari jam 16.15, tapi kamar hitung aja tutupnya jam 16.30, si mobil belum nyampe mas2 yang pake baju Tecnical Inspection, perlombaan udah resmi ditutup.

UNY-PL-13 Mobil imut kami :3

Di paddock

Nice pose, driver..

Semangat kakaaak  (^o^)/

Sebelum race, ada proses scrutineering, uji kelayakan kendaraan. Pertama kali scrut, tim kami nggak lolos. Kenapa? Klaksonnya pelan, nggak memenuhi persyaratan: minimal 95 dB. Kedua, driver nggak apal bendera. Emang ini Cerdas Cermat Pengetahuan Umum? Bukaan, bukan nebak bendera negara mana pemirsah. Ini bendera yang lazim digunakan di race. Bendera ijo, bendera checkerboard, bendera merah, bendera kuning, bendera biru, bendera item. Si Aan, manejer kami yang juga jadi driver cadangan alhamdulillah lancar. Giliran si Ozy yang sebenernya udah apal tapi lha wong gugup, yo salah..
Panitia  : (ngibasin bendera ijo)
Ozy        : Start balapan
Panitia  : (ngibasin bendera kuning)
Ozy        : hati-hati, dilarang mendahului
Panitia  : (ngibasin bendera item)
Ozy        : kendaraan berhenti dan tidak boleh melanjutkan balapan
Panitia  : kendaraan siapa?
Ozy        : (mulai bingung) apa?
Panitia  : kendaraan siapa yang berhenti?
Ozy        : (mulai panik, ini juga karena si Ozy tu ada di dalem mobil, pengap *pembelaan*)
                  Kendaraan kita
Panitia  : Kendaraan sendiri lah, ya udah dihafalin dulu mas, ulang..

Pas lagi scrutineering..

Finally passed! Scrutineering statis. Scrutinnering dinamis. Jangan hiraukan Aan, hiraukan lingkaran merah.. *wuu jahat

Habis itu, Ozy semangat banget ngapalin bendera. Dari cuma metode didikte berulang kali sampe ditunjukin warna-warna benda sekitar yang cocok sama bendera. Alhasil, scruting kedua kita lolos. Pheew.. Si mobil nglewati kamar hitung 3x, race penuh 2x, dan passed 1x. Tapi karena mburu waktu, jadi efisiensinya kurang. Di balapan kedua, lumayan irit tapi waktunya 28’, padahal di regulasi maksimal 26’. Pas race pertama, mobil tiba-tiba mak pet sebelum nyelesein 1 lap. Nggak tau detailnya kenapa, tapi kata Reza ini gara-gara Joulemeternya. Udah protes dah itu si Reza sama Wayan ke bagian informasi, udah mau dikurangi jatah race, tapi karena joulemeter juga yang masang dari panitia, mereka sepakat kalo jatah race tetep penuh, boleh race 5 kali lagi. Tapi yaa, this is the nature of competition. Someone wins, others fall. The most important thing is that everybody learns.

The whole is not the sum of the parts. Hehe. Ngawuur, asal nyambung XD

Closing sama pengumuman kejuaraan. 

Woman in race
Aku percaya bahwa yang sekarang sedang kamu pikir, aku bakal mbahas umbrella girl atau sejenisnya, yang jadi atraksi tersendiri di sirkuit. Tapi sayang sekali, praduga Anda salah. Ini adalah tentang mereka yang atas sebab bermacam-macam, ada di IEMC 2013. Dimulai dari yang dekat dulu, mbak Tri-Hani-aku. Kami bertiga bahkan bukan dari fakultas Teknik, membantu di bagian administrasi. Mbak Tri sebenernya yang paling ideal, dia dari jurusan administrasi perkantoran dan ikut UKM nya anak mobil, UKM Restek. Hani dan aku murni via oprec dan dengan bego mulai mempelajari ini semua.
Dari banyak perempuan yang ikut IEMC, sebagian besar memang dari disiplin ilmu yang tidak jauh-jauh dari disiplin ilmu yang sesuai. Mbak yang jadi LO paddock kami misalnya, dia juga teknik Mesin. Herannya, kalo di tim UNY malah jarang yang dari Mesin, karena mungkin udah ada Otomotif ya, pan kalo di ITS otomotifnya nggak ada, semua inklud ke mesin.. Semua panitia ternyata adalah students of Mechanical Engineering semua, dan banyak ceweknya! Great! Anti gender bias, haha.. Salah satu panitia di bagian pusat informasi ada yang di candid in mulu sama si khafid, dia cuma ngliatin terus dari depan meja informasi.
Khafid   : itu lho mbak yang pake kerudung biru
Aku        : Mana? Kacamataan?
Khafid   : Enggak, naah itu yang lagi diajak ngobrol
Aku        : Ooh iya, imut.. Udah tau namanya?
Khafid   : Belom..
Aku        : Ya udah, kenalan
Khafid   : Enggak ah mbak, aku ngliatin aja. Difoto dong mbak, dizoom
Aku        : Yaelah.. (njepret) nih udah.. yaudah yuk, kesana liat ozy di tikungan
Khafid   : Aku disini aja deh mbak, ngitung waktu
Aku        : Ya kan disana bisa
Khafid   : Tapi disana nggak ada kerudung biru..

Can you see her?

Yaa begitulah khafid. Itu berlangsung sampai hari terakhir. Pas closing, mbak itu ada di belakangku persis, pas lagi ambil sertifikat. Kerudungnya udah ganti, bukan biru. Naah aku iseng ngajak ngobrol. Aku bilang kalo salah satu nama sertifikat tim kami ada yang salah. Terus mbaknya bilang kalo itu susah diganti karena berdasar yang ada di nametag. Terus aku bilang kalo nametagnya juga salah. Naah aku bilang gitu sambil megang nametag sendiri dan liat nametag mbaknya. Got it! Laporan langsung ke khafid, dan malemnya dia langsung ngepoin fbnya. Tapi khafid kalem aja rupanya, nggak dapet ongkos intel ni guweh ._.
Ada juga mbak Teknik Mesin yang dari UPI, namanya mbak Yayuk, 2010 juga si.. Hmm yang ini Ozy yang ngincer ckck. Kata mbak Yayuk, di tim ada yang anak bahasa Inggris juga. Udah hebring banget pengen nyari temen selain FT disini, tapi sayang mbak bahasa Inggris itu nggak ikut. Dia dibawanya kalo lagi ada event di LN, SEM misal.. SEM atau Shell Eco Marathon ajang internasionalnya irit-iritan mobil. Indonesia punya IEMC, dunia punya SEM. Tapi karena tuan rumahnya besok Filipin, dan disana lagi diserang badai Hayan, masih belum tau bakal diadain atau enggak tahun ini.. Mbak Yayuk ramah banget, kalo nggak diajak ngobrol sama temennya, dia bakal cerita banyak tentang Bumi Siliwangi, tim mobilnya UPI. 








I don’t know how this can help me to pursue my dreams. But I pray that this can assist me to reach these and those. 










About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

1 comment: